Guru Penggerak (Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan) Guru Milenial: 3.3.a.9. Koneksi Antarmateri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Senin, 18 Oktober 2021

3.3.a.9. Koneksi Antarmateri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid


 
Hal-hal menarik yang dapat Anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan bagaimana benangmerah yang bisa Anda tarik dari keterkaitan antarmateri yang diberikan dalam modul 3.3?Hal yang menarik menurut saya yaitu Manajemen resiko dan MELR, dalam pengelolaan sebuah program yang berdampak pada murid yang terdiri dari resiko keuangan, resiko pemenuhan, danresiko reputasi sekolah, selain itu dalam penyusunan program dapat memahami serta melaksanakanMonitoring,evaluasi, learning, dan reporting (MELR) pada murid berdasrkan pemetaan assetdengan mempertimbangkan manajemen resiko MELR yang merupakan (Monitoring, Evaluation,Learn, Reporting) Monitoring adalah proses perhimpunan data analisa internal dari sebuah program.
Manajemen Resiko
Dalam dunia pendidikan kita mengenal istilah manajemen pendidikan yang dilakukan sekolahuntuk mengembangkan mutu sekolah, manajemen risiko merupakan salah satu hal wajib yang harusdilakukan dalam merencanakan program sekolah. Manajemen risiko haruslah menjadi satu kesatuan bagian yang tak terpisahkan dari pelaksanaan sistem manajemen di sekolah. Labombang (2011: 39) berpendapat bahwa walaupun suatu kegiatan telah direncanakan sebaik mungkin, namun tetapmengandung ketidakpastian bahwa nanti akan berjalan sepenuhnya sesuai rencana.Dalam Prinsip Dasar Manajemen risiko (2019:3) Manajemen risiko adalah metode yangtersusun secara logis dan sistematis dari suatu rangkaian kegiatan; penetapan konteks,identifikasi,analisa, evaluasi, pengendalian serta komunikasi risiko.Risiko merupakan sesuatu yang memiliki dampak terhadap pencapaian tujuan organisasi. beberapa tipe risiko di lembaga pendidikan, meliputi:1.
 
Risiko Strategis, merupakan risiko yang berpengaruh terhadap kemampuan organisasimencapai tujuan2.
 
Risiko Keuangan, merupakan risiko yang mungkin akan berakibat berkurangnya aset3.
 
Risiko operasional, merupakan risiko yang berdampak pada kelangsungan proses manajemen4.
 
Risiko pemenuhan, merupakan risiko yang berdampak pada kemampuan proses dan prosuderalinternal untuk memenuhi hukum dan peraturan yang berlaku5.
 
Risiko Reputasi, merupakan risiko yang berdampak pada reputasi dan merek lembaga.(Princewatercoper, 2003)
MELR 
 
Monitoring
 kegiatan yang dilakukan dalam rangka pengawasan dan pengendalian kegitan yangdilaksanakan untuk umpan balik pelaksanaan kegiatan yang sedang berjalan, dilakasanakan denganmelihat langsung pelaksanaan kegiatan untuk mengetahui kesesuaian kegiatan perencanaan dan pelaksanaan suatu program.
Evaluation
 adalah penilaian secara periodik pada suatu program yang sudah tuntas/selesai. Proses pengukuran yang dicapai dibandingkan sasaran yang telah ditentukan sebagai bahan penyempurnaan perencanaan pelaksanaan program. Adapun prinsip dari evaluation menyeluruh, berkesinambungan,obyektif, hasil evaluasi dapat digunakan sebagai penghargaan bagi yang berhasildan merupakan motivasi bagi yang belum berhasil. Cara yang digunakan antara lainkuantitatifsesuai dengan monitoring yang dilakukan dan tekniknya adalah observasi langsung di sekolah, isianinstrument pengamatan, wawancara, berperanserta.
 
Learn
 adalah merefleksikan situasi 4F (Fact,Filling, finding, future), Reporting adalah alat bagi pimpinan untuk menginformasikan atau memberikan masukan untuk setiap pengambilan keputusan.Dr Roger green yang seorang ahli dibidang pelatihan guru dan sebagai fasilitator merancangkerangka kerja pembelajaran (learning) melalui model (4F) adalah fact (fakta) : catatan obyektiftentang apa yang terjadi, Feeling, (Perasaan): reaksi emosional tentang sesuatu, finding (temuan): pembelajaran konkrit yang diambil dari situasi tersebut, future (masa depan): menyusun pembelajaran digunakan untuk masa depan
Reporting/Laporan
 adalah alat bagi pimpinan untuk menginformasikan atau memberikan masukanuntuk pengambilan setiap keputusan yang diambilnya, oleh karena itu laporan harus akurat, lengkap,dan obyektif. Dalam prakteknya laporan adalah sebuah dokumen yang merupakan produk akhir darisuatu kegiatan.Jadi keterkaitan antarmateri yang diberikan dari modul 3.3 yaitu perencanaan sebuah program berdasarkan asset yang dimiliki, menggunakan tahapan BAGJA dengan memperhatikan manajemenresiko dan MERL.
 
Apakah kaitan antara pemetaan sumber daya dengan perencanaan program sekolah yang berdampak pada murid?Sekolah membuat program dengan mempertimbangkan Aset Based Thinking sebagai sumber dayasebagai kekuatan yang ada pada sekolah dalam pemetaan sumber daya sebagai pendukungterlaksananya perencanaan program sekoalah yang berdampak model BAGJA, untuk tercapainyamerdeka belajar, sehingga mendapat pembelajaran bermakna menuju profil pelajar Pancasila.
 
Adakah materi dalam modul lain/paket modul lain yang berhubungan dengan materi dalam modul3.3. ini? Jabarkanlah jika ada.Kaitannya dengan materi lain yaitu apabila dikaitkan dengan Filosofi Kihajar Dewantara programsekolah yang berdampak pada murid untuk terwujudnya merdeka belajar dan guru menuntun siswasesuai dengan kodratnya. Kaitannya dengan Inkuiri Apresiatif adalah program sekolah yang berdampak pada murid dengan mempertimbangkan metode BAGJA dengan pemetaan kekuatansekolah sehingga terbentuk kekuatan sekolah. Kaitannya dengan Pengelolaan Aset Sekolah programsekolah yang berdampak pada murid dengan selalu berpikir positif dan memanfaatkan potensi yangada di sekolah sebagai kekuatan yang harus terus dikembangkan.
 
Bagaimana kaitan dari semua materi tersebut dengan peran Anda sebagai guru penggerak?Setiap modul yang telah saya pelajari memberikan pengalaman pembelajaran untuk menjadiseorang guru penggerak yang dapat mencetak generasi merdeka belajar bermakna menuju profil pelajar Pancasila dan menuntun murid dalam mengoptimalkan kodrat (potensinya). Oleh karenaitu guru penggerak harus mampu memetakan aset sekolah, mengelolah aset tersebut danmemanfaatkan kekuatan yang dimiliki sekolah (Inkuiri Apresiatif) dalam merancang programyang berdampak pada murid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERBARU

Catatan Lokakarya Orientasi dan Laporan Lokakarya Orientasi Pendidikan Guru Penggerak

Catatan Lokakarya Orientasi Pembukaan Program Pendidikan Guru Penggerak, Sabtu 19 Agustus 2023 sesuai agenda Balai Guru Penggerak Provinsi...