Catatan Lokakarya Orientasi
Pembukaan Program Pendidikan Guru
Penggerak, Sabtu 19 Agustus 2023 sesuai agenda Balai Guru Penggerak Provinsi
Sulawesi Tengah yang termuat dalam undangan Nomor: 1031/B7.23/PP.01.07/2023 tanggal
18 Agustus 2023 Perihal Undangan Lokakarya Orientasi PGP Angkatan 9. Kegiatan
tersebut dilaksanakan Pukul 09.00 – 17.00 sesuai jadwal dalam undangan.
Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Kota Palu diikuti oleh 54 Guru sebagai Calon
Guru Penggerak (CGP), 10 orang Guru dan Pengawas sekolah yang bertugas sebagai
Pengajar Praktik (PP) yang dibagi menjadi 4 kelas yaitu kelas A didampingi oleh
PP Umdatul Musyaroh dan PP Erlinah, Kelas B oleh Abdurrohim dan PP
Jayustinawati, Kelas C oleh PP Sudarwin S, PP Radema Intan V Panggabean dan PP Ananda
Wilsana, Kelas D oleh PP Zahra Albar, PP Refiady dan PP Anita.
Lokakarya Orientasi PGP Angkatan 9 ini dilaksanakan secara daring dengan jadwal Lokakarya Orientasi sebagai berikut:
Sesi 1: Kegiatan dimulai dengan perkenalan melalui games perkenalan membuat gambar simbol diri. Masing-masing CGP menunjukkan hasil gambarnya di depan kamera. Saya Menunjuk tiga CGP yang gambarnya terlihat menarik untuk cerita tentang gambarnya yaitu CGP Mustamin, CGP Fajrin Indriani, CGP Srihandayani. Kemudian meminta satu CGP lainnya untuk mengingat gambar ketiga CGP tersebut dan menceritakan kembali, yaitu CGP Rusman menjadi sukarelawan. Berikutnya membuat kesepakatan kelas bersama CGP melalui link jamboard sebagai berikut:
Berikutnya Bersama para CGP dan Kepala Sekolah serta Pengawas sekolah yang hadir menyampaikan Harapan dan Kekhawatiran perjalanan CGP melalui jambord.
Diskusi
secara virtual para CGP dan kepala sekolah saya pandu melalui share screen
jamboard harapan dan kekhawatiran yang sudah dibuat. Saya mengumpulkan
harapan-harapan yang sesuai serta kekhawatiran-kekhawatiran yang sesuai. Untuk
ditampilkan dalam bahan tayang kemudian CGP membuat beberapa strategi agar
harapan tercapai dan kekhawatiran tidak terjadi.
Beberapa
CGP saya tunjuk untuk menyampaikan pendapatnya tersebut, diantaranya: CGP
Mustamin, CGP Sri Handayani, CGP Haris Widianto. Kami mendiskusikannya dengan
terbuka, kemudian CGP menuliskan dan mengindentifikasi strategi apa yang dapat
dilakukan agar harapan bisa terjadi dan kekhawatiran untuk tidak terjadi.
Pukul
11.00 – 11.30 saya melakukan pemaparan singkat program PGP dan perjalanan guru
penggerak. Menampilkan slide 11-12 pengantar program tentang visi guru
penggerak dan slide 13 profil pelajar Pancasila sebagai capaian merdeka
belajar. Masuk pada slide 19-21 tentang perjalanan guru penggerak saya meminta
CGP untuk mumbuka link padlet perjalanan guru penggerak di dalam kolom chat
GMett, kemudian beberapa CGP dipersilahkan open mic menyampaikan pandangan dan
perasannya tentang perjalanan guru penggerak yang di ilustrasikan di dalam
padlet. Pukul 11.30 – 12.00 saya menampilkan slide 23 tentang Kesepakatan peran
CGP dan Kepala Sekolah selanjutnya CGP diskusi menyelesaikan LK-1 Kesepakatan
Peran CGP dan Kepala Sekolah, kemudian presentasi menyampaikan pendapatnya. CGP
selalu aktif di dalam kolom chat GMett dalam menanggapi setiap diskusi meskipun
belum dapat kesempatan open mic. Demikian sesi 1 selesai di tutup dengan Doa oleh
CGP Dwi Agustiani.
Sesi
2: dimulai pukul 14.00 – 17.00 rekan PP Jayustinawati memandu jalannya
pembelajaran. Pada sesi 2 ini CGP menghasilkan produk LK-2, LK-3, dan LK-4
melalui diskusi bersama rekan PP Jayustinawati. Diskusi berlangsung sesuai
rencana dan CGP sangat aktif. Pada materi Pengenalan portofolio Pukul 16.00 -
16.30 kami dikejutkan oleh seorang CGP Haryati ternyata selama menyimak
pemaparan dan diskusi langsung aksi nyata membuat desain layer portofolio
sesuai contoh yang ditampilkan. Sehingga kami meminta untuk mempresentasikan
dan berbagi praktik cara membuatnya sesuai panduan dan contoh yang sudah Pengajar Praktik paparkan. Berikut Dokumentasinya:
Produk yang dihasilkan
dalam aktivitas ini adalah berupa Lembar Kerja 1 sampai 5 untuk masing-masing
Calon Guru Penggerak dengan rincian sebagai berikut: LK-1 Kesepakatan Peran CGP
dan Kepala Sekolah, LK-2 Pengecekan Mandiri Kompetensi GP, LK-3 Evaluasi Diri
Guru Penggerak, LK-4 Rencana Pengembangan Kompetensi DIri, LK-5 Evaluasi
Lokakarya Orientasi
Ketercapaian tujuan belajar dalam lokakarya ini dilihat dari beberapa poin berikut:
1. Semua Calon Guru Penggerak sudah
dapat mengidentifikasi dan menceritakan harapan, kekhawatiran selama program
berlangsung melalui diskusi virtual bersama CGP lainnya.
2. Semua Calon Guru Penggerak sudah dapat
mengidentifikasi tantangan yang akan dihadapi dan dukungan yang bisa didapatkan
melalui diskusi virtual bersama CGP lainnya.
3. Semua Calon Guru Penggerak sudah dapat
menuliskan rencana pengembangan kompetensi diri melalui diskusi virtual bersama
CGP lainnya.
Dengan demikian dianggap tujuan belajar dalam lokakarya
orientasi ini sudah tercapai dengan baik sesuai rencana dan panduan.
Kesimpulan dan Refleksi pembelajaran dari proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan dalam lokakarya orientasi ini dapat disimpulkan bahwa menjaga komitmen bersama untuk memulai perubahan dibutuhkan ekosistem sekolah yang kondusif agar Calon Guru Penggerak dapat berproses dan belajar di Pendidikan Guru Penggerak sehingga dapat memudahkan perjalanannya dalam mengembangkan kompetensinya.
Untuk Laporan Lokakarya Anda hanya Menambahkan Daftar Hadir dan Dokumentasi Foto Kegiatan Lokakarya.
Daftar hadir menggunakan Zoho FormulirSemoga Bermanfaat...Terimakasih. Wassalamualaikum!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar